Teknik Pembuatan Model Batik Nusantara

model baju batik

Bicara soal kain batik memang tidak akan pernah ada habisnya. Bagaimana tidak? Di Indonesia, ada ratusan bahkan ribuan jenis model batik yang berhasil diciptakan oleh masyarakat. Beberapa daerah yang terkenal sebagai penghasil batik adalah Solo, Pekalongan, Banyumas, Yogyakarta, dan masih banyak lainnya. Masing-masing daerah penghasil batik tersebut juga menghasilkan batik dengan corak dan warna yang berbeda dan menjadi ciri khas dari masing-masing daerah tersebut. Sejak beberapa tahun terakhir, kain batik semakin populer dan keindahan kain batik pun sudah mulai dikenal oleh masyarakat dunia. Tidak heran, kini semakin banyak masyarakat dunia yang jatuh cinta dengan keindahan kain khas nusantara tersebut.

Ini Dia, Beberapa Teknik Pembuatan Batik Yang Umum Digunakan Oleh Masyarakat Indonesia

Berikut ini adalah teknik pembuatan model batik yang paling umum digunakan oleh masyarakat Indonesia:

  1. Batik Printing, merupakan jenis batik yang dibuat dengan menggunakan alat sablon. Cara pembuatan batik printing merupakan yang paling mudah dibandingkan dengan teknik pembuatan batik lainnya. Selain prosesnya sangat mudah dilakukan, pembuatan batik printing juga tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama.
  2. Batik Cap, merupakan jenis kain batik yang dibuat dengan cara dicap menggunakan alat cap yang telah didesain dengan motif atau corak tertentu. Alat cap ini berisi lilin yang kemudian dicap atau ditempelkan ke kain yang masih polos secara berulang hingga membentuk motif yang sempurna. Oleh karena itu, batik cap ini memiliki motif atau corak yang sifatnya berulang.
  3. Batik Tulis, merupakan kain batik yang dibuat dengan cara ditulis menggunakan tangan dan menggunakan alat yang disebut canting. Teknik pembuatan batik tulis merupakan yang paling sulit dibandingkan teknik lainnya. Selain itu, pembuatan batik tulis juga membutuhkan waktu yang cukup lama karena membutuhkan keahlian, ketelitian, dan kesabaran yang besar. Tidak heran jika batik tulis dibandrol dengan harga yang mahal.

Demikian penjelasan mengenai 3 teknik pembuatan batik yang paling umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Ketiga teknik pembuatan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Di antara ketiga teknik tersebut, teknik pembuatan batik tulis masih menjadi teknik terbaik untuk menghasilkan kain batik yang berkualitas. Yuk, cek batik-s128.com untuk melihat koleksi batik terbaik.

Related posts: